info pegi

Thursday, October 21, 2010

Normalkah Payudaraku?


Minggu, 30 Mei 2010 | 11:52 WIB
KOMPAS.com — Beberapa hal dapat terjadi di payudara. Apakah normal atau tidak, hal itu perlu kajian lebih dalam. Berikut penjelasannya.

* Rambut di sekitar areola

Beberapa perempuan, ada yang memiliki rambut di sekitar area puting dan aerola payudara.

Ini bukanlah keadaan berbahay. Namun, jika sangat mengganggu, maka atasi dengan bantuan seorang ahli kulit. Mencukur atau mencabut rambut tadi dapat menyebabkan infeksi pada area tersebut.

* Warna puting susu dan areola yang menjadi lebih gelap

Perubahan warna puting susu dan areola yang menjadi lebih gelap dapat mengindikasikan beberapa hal seperti kehamilan, efek pengunaan pil kontrasepsi, ataupun tanda kematangan fungsi seksual seorang perempuan.

* Puting susu yang menjorok ke dalam

Kondisi puting susu yang menjorok ke dalam dapat ditemukan 10-20 persen perempuan. Ini normal jika telah terjadi dalam kurun waktu yang lama. Akan tetapi, bila sebelumnya normal-normal saja, maka hal itu bisa jadi merupakan pertanda adanya pertumbuhan tidak normal di bawah puting susu.

* "Stretch marks" pada payudara

Stretch marks payudara dapat timbul akibat pertumbuhan fisik yang pesat, seperti pada masa pubertas atau kehamilan. Ini adalah hal yang normal, seperti halnya terjadi pada panggul dan betis.

* Ukuran payudara tak sama

Sampai saat ini belum terdapat penelitian atau data ukuran normal payudara. Yang jelas, ukuran payudara dipengaruhi oleh faktor seperti genetik, ras, aktivitas, atau lingkungan.

Sebagai catatan, sepasang payudara yang dimiliki bukanlah sesuatu yang 100 persen identik.

Ukuran payudara yang tidak sama besar dapat terjadi saat proses pertumbuhan dan perkembangan payudara. Umumnya, payudara akan tampak cukup sama atau simetris saat masa tersebut selesai.

Akan tetapi, pada beberapa kondisi, payudara dapat tampak berbeda dan hal ini adalah sesuatu yang lumrah. Apabila mengganggu, maka keadaan ini dapat diatasi melalui beberapa teknik bedah plastik.

* Ukuran payudara berubah

Perubahan ini dipengaruhi oleh hormonal, seperti menegang dan terasa nyeri beberapa hari menjelang haid.

Selain itu perubahan terjadi ketika terdapat kehamilan. Hal itu antara lain payudara membesar, lebih padat, ukuran puting susu bertambah dan berwarna lebih gelap, diikuti dengan produksi ASI setelah proses kelahiran.

Keadaan ini bertahan selama masa menyusui. Selain hormon, perubahan payudara juga dipengaruhi oleh berat badan seseorang karena salah satu penyusun payudara adalah jaringan lemak.
(Laili Damayanti/Tabloid Nova)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...