info pegi

Tuesday, September 21, 2010

Tips Aman Bertransaksi di Internet

Bertransaksi melalui media Internet memang memberikan banyak kemudahan, dan praktis tentunya. Tapi kita juga harus sadar bahwa tidak sedikit risiko yang dapat muncul dalam menggunakan layanan ini, mulai dari resiko penipuan hingga pencurian identitas pribadi.
Lalu bagaimana agar transaksi online dapat berlangsung dengan aman? Berikut beberapa tips aman bertransaksi di media Online  yang bisa anda lakukan agar terhindar dari segala masalah tersebut.

1. Selalu Lindungi Komputer atau Media Online Anda
Saat menjelajah dan mengarungi dunia maya dan melakukan transaksi online, komputer akan terhubung secara langsung ke dunia maya yang tentunya sangat padat jumlahnya, sangat mungkin komputer yang digunakan menjadi sasaran kejahatan internet jika anda tidak berhati-hati. Untuk itu lindungilah komputer dengan beberapa hal seperti menambah aplikasi firewall selain bawaan standar Sistem Operasi, kemudian perlengkapi komputer anda dengan antivirus yang selalu update dan memiliki sifat Resident Link Shield agar anda tetap nyaman berselancar didunia maya. Gunakan selalu software yang berlisensi agar anda mendapatkan dukungan penuh atau help live support terhadap aplikasi yang anda gunakan.
2. Pergunakanlah Password yang selalu up to date atau terbarukan
Password adalah suatu kumpulan kata-kata atau karakter yang diidentifikasikan sebagai sandi sebagai syarat kelengkapan untuk melanjutkan aktifitas berikutnya. Jadi jangan anggap remeh sebuah password. Gunakan lah kombinasi huruf, angka ataupun karakter khusus dalam pembuatan sebuah password, tapi perlu diingat, password hendaklah dapat diingat dan tidak mudah dilupakan. Jadikan password adalah bagian dari hidup anda.
3. Berhati-hati dalam mengetik alamat situs
Apa yang dimaksud dengan berhati-hati dalam mengetik alamat atau URL sebuah situs adalah anda bisa membedakan dan memilah-milah sebuah deretan kata-kata pada suatu alamat situs. Secara tidak sengaja anda bisa salah dalam mengetik maka anda akan dibawa ke dalam halaman yang disengaja oleh seseorang untuk mendapatkan data diri dan password anda, seperti kejadian URL trafficking link situs BCA ditahun 2000, dimana para peretas membuat alamat situs palsu dari sebenarnya klikbca.com menjadi kilkbca atau klkibca yang membuat banyak kerugian pada nasabahnya. Pastikan juga anda tidak membuka sebuah link langsung dari halaman email anda. Adanya kebijakan baru dari Bank untuk tidak mencantumkan halaman link ke url mereka secara langsung telah membantu menekan aktifitas jahat ini. Segera hapus berita email tersebut dari inbox anda agar terhindar dari jebakan dari para peretas. Berhati-hatilah.
4. Memastikan informasi anda aman saat berselancar didunia maya.
Fungsi Antivirus adalah sebagai pembasmi dan pelindung komputer atau perangkatnya yang sejenis dari serangan virus yang merusak, spam dan Trojan dalam aktivitas utamanya mengambil atau merusak data-data anda. Antivirus hanya melindungi anda sebatas komputer anda, lalu bagaimana dengan dunia maya? nah dalam bertransaksi didunia maya beberapa situs juga telah menerapkan system Secured by VeriSign dimana Situs tersebut Aman dan Jelas dalam pelayanan transaksi keuangan mereka. Umumnya Transaksi perbankan telah dan wajib mendaftarkan dan mengikutkan system situs web mereka pada system ini. Tapi pastikan anda memperhatikan link https://namadomain.com dalam transaksi keuangan anda.
5. Sebisa mungkin pergunakan Komputer atau Gadget pribadi dalam melakukan transaksi
Sah-sah saja jika anda melakukan transaksi keuangan anda melalui komputer atau gadget (hardware) milik umum atau bukan milik pribadi anda, Namun yang perlu anda perhatikan adalah Jangan pernah melakukan Remember password dan Segera lakukan penghapusan Cache [dalam dunia komputer adalah bekas atau trace jalan anda menuju situs tersebut] pada browser aplikasi tersebut. Namun hal ini pasti akan aman jika anda melakukannya pada komputer atau gadget anda sendiri.
6. Gunakan Akal Sehat
Selalu sadar, itulah sebenarnya inti dari artikel yang ikb publish ini. Anda akan terbebas dari semua hal yang dapat merugikan anda jika anda telah mengetahui dan berpengalaman dalam bertransaksi keuangan di dunia maya. Jangan mudah percaya terhadap iming-iming hadiah, rayuan pulau kelapa dan permintaan tolong dari seseorang yang bahkan anda sendiri belum tahu jelas siapa yang anda ajak diskusi atau beremail ria. Segera sadari dan pergunakan pengetahuan anda jika ada hal-hal yang mencurigakan sebelum anda bertrasaksi online agar terhindar dari masalah.
Demikian cara-cara bertransaksi online melalui dunia maya yang aman yang okb jelaskan. Jangan takut terhadap sesuatu hal yang baru dan selalu berhati-hati terhadap sesuatu hal yang belum pasti tentu. Akhir kata Selamat berInternet ria, gunakan waktu anda dengan bijak.
Semoga tips aman bertransaksi di media online diatas dapat bermanfaat yah… dan saya tunggu komentarnya dari para pembaca

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...